(Super) Short Attention Span

Alias sulit fokus

Akhir-akhir ini, rasanya produktivitas diri ini pas bekerja turun drastis. Dan sebenernya udah tahu juga sih sebabnya, yaitu: tidak bisa berkonsentrasi.

Serius, susah banget.

Tiap lagi mengerjakan sesuatu di komputer, rasanya gatel banget pengen buka hape, buka OLshop, liatin apdetan orang-orang di medsos, pokoknya apapun selain kerja.
Akhirnya kemaren cari-cari buku yang direkomendasikan di goo*le play books. Dan nemuin buku yang menarik dan akhirnya di beli yaitu:
Find Your Focus Zone oleh Jo Lucy Palladino.

Dan buku ini terasa klik banget. (Padahal baru baca 1,5 bab). Bikin diri ini terus-terusan menyahut, “oh begitu”, “wah iya pantesan”, “jadi karena ini..”, dll.
Meyakinkan dan menawarkan jawaban dari masalah hidup saya saat ini (idih lebay kayak sales).
Seperti, kenapa saya suka ga fokus dan pengen pegang hape terus? Kenapa aku anaknya procrastination a.k.a suka nunda terus? Kok aku kalo multitasking kadang kerjaan cepet beres dan kadang malah ga dapet apa-apa sih?

Menurut penulis buku ini, fokus kita terkait dengan stimulus. Kita akan fokus secara optimal hanya saat takaran stimulusnya tepat. Saat stimulus kurang, adrenalin dikiit banget dan kita akan bosan. Saat stimulus berlebihan, adrenalin akan diproduksi kebanyakan dan kita akan hilang kontrol akan diri ini.
Nah makanya kadang multitasking akan membantu kita fokus. Misal pas lagi bosen ngolah data di excel, kita ambil makanan dan nyemil biar fokus lagi. It works, karena stimulus ditambahkan dan fokus kembali diraih.

Tapi kalo ga ati-ati, stimulus sampingan yang berlebihan (contoh: buka OLshop) malah bikin kita teralihkan dari pekerjaan utama kita. Iya, karena kegiatan baru itu jauh lebih menarik, dan membuat tujuan sejati kita malah tambah membosankan.

Tapi, pas kita ga fokus, jangan salah lho, bukan kita selalu sedang bosan. Justru bisa jadi kita sedang takut.
Inget kebiasaan lama, pas mau ujian, eh malah pengen beres-beres kamar, masak, pokoknya tiba-tiba banyak kerjaan bermanfaat yang lebih menarik? Atau pas berdebat sama orang gak bisa ngomong apa-apa, dan baru kepikiran jawaban yang okeh pas kejadiannya udah lewat?

Nah itu kejadiannya gegara si adrenalin ini over, otak jadi ngeblur. Hasilnya, ga fokus. Nah ternyata karena kita merasa ujian itu beban yang membuat diri ini takut dan mencari upaya untuk melarikan diri. Dan jawaban okeh itu, baru kita dapet pas pikiran kita tenang, dan adrenalin kembali normal. Tapi jangan salah, kondisi ga fokus karena hiperstimulus ini justru ga boleh disambi sama hal lain.

Menarik kan?

Jadi semangat untuk baca buku ini, karena terasa banget fokus daku akhir-akhir ini pendek banget udah kayak ikan mas. Sambil baca, sambil dipraktekkan juga nih, karena saya sudah tidak mampu baca buku tebal (non novel) karena fokus yang super pendek ini.

Bismillah.

#TantanganRumlitIPBekasi

#DiariIbuProfesional

#CeritaIbu

#CeritaKeluarga

#CeritaKita

Leave a comment